Penerapan IDCRA Pecahkan Rekor MURI

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKG UMY) bersama Pemerintah Kota Tegal berhasil memecahkan Rekor MURI untuk Peserta Terbanyak Skrining Kesehatan Gigi dan Mulut menggunakan Indonesian Dental Caries Risk Assesment (IDCRA). Tercatat 1.215 peserta tercatat diperiksa pada kegiatan yang dilaksanakan di Tegal pada tanggal 13 September 2024 tersebut. Piagam MURI diserahkan perwakilan MURI, Ari Andriani di Rumah Dinal Wali Kota Tegal kepada pemakarsa rekor.

Edwyn Saleh selaku Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengatakan IDCRA yang dikembangkan sejak tahun 2018 berasal dari ide mahasiswa FKG UMY yang terus dikembangkan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi awal kepedulian mendeteksi resiko karies pada anak anak agar tergambar apa resiko yang akan terjadi serta kondisi yang sedang dialami. Hasil skrining ini akan memunculkan skor yang menunjukan kondisi tersebut, selanjutnya akan muncul rekomendasi yang yang dapat menjadi pertimbangan orang tua maupun guru dalam menentukan langkah selanjutnya.

Sementara itu Pj. Wali Kota Tegal Dadang Somantri menyampaikan bahwa Rekor Muri yang diterima merupakan kebangaan yang luar biasa bagi pemerintah kota. Daang menyampaikan terima kasih kepada UMY khususnya FKG UMY yang telah turun langsung ke tengah masyarakat untuk melakukan bakti sosial. Sekretaris Daerah Kota Tegal. Agus Dwi Sulistyantono menambahkan peraihan Rekor Muri dapat memotivasi jajaran aparatur pemerintah di Kota Tegal.

[Artikel : Syauqi Syafiq; Foto : Iwan Dewanto ; Editor : Messya Rachmani]


Posting Komentar untuk "Penerapan IDCRA Pecahkan Rekor MURI"