Nama Dokter Gigi yang Diangkat menjadi Kolegium

Setelah terlambat hampir seminggu, akhirnya susunan baru Konsil Kesehatan Indonesia (KKI), Majelis Disiplin Profesi, dan Kolegium Kesehatan; resmi angkat sumpah di hadapan Menteri Kesehatan. Pengangkatan sumpah ini bertempat di Auditorium Siwabessy Kementerian Kesehatan pada tanggal 14 Oktober 2024. Pengangkatan KKI baru didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 69/M Tahun 2024 tertanggal 11 Oktober 2024. drg. Aryanti Anaya, MKM. didapuk menjadi Ketua KKI. Aryanti sebelumnya merupakan Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan.



Anggota Konsil Kesehatan Indonesia (KKI) antara lain terdiri dari masing-masing kelompok tenaga medis dan tenaga kesehatan, diangkat berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK 01.07/ Menkes/ 1631/ 2024. Dr. dr. Budi Rahmat, Sp.BTKV(K) dan drg. Andriani, Sp.Ort., FICD diangkat menjadi anggota konsil mewakili kelompok tenaga medis kedokteran dan kedokteran gigi. 


Majelis Disiplin Profesi diangkat melalui mekanisme Panitia Seleksi (Pansel) dan ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Dr. Sundoyo, SH, MKM, M.Hum dan Dr. Ahmad Redi, SH, MH, MSi. didapuk menjadi Ketua dan Wakil Ketua Majelis Disiplin Profesi. 

Berbeda dengan sistem pemilihan Konsil Kesehatan Indonesia dan Majelis Disiplin Profesi, pemilihan Kolegium Kesehatan Indonesia sebagian pemilihannya dilakukan melalui voting untuk kemudian ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK 01.07/ Menkes/ 1581/ 2024 yang terpilih untuk kolegium-kolegium kedokteran gigi adalah : 

  1. Kolegium Dokter Gigi : Prof. drg. Tetiana Haniastuti, M.Kes., Ph.D
  2. Kolegium Bedah Mulut & Maksilofasial : Prof. Muh. Ruslin, drg, M.Kes, SpBMM(K), PhD.
  3. Kolegium Kedokteran Gigi Anak : Prof. Dr. Eriska Riyanti, drg, Sp,KGA(K).
  4. Kolegium Konservasi Gigi : Dr. Ike Dwi Maharti, drg, SpKG(K).
  5. Kolegium Ortodonsia : Dr. Nia Ayu Ismaniati, drg., MDSc., Sp.Ort (K)
  6. Kolegium Penyakit Mulut : Prof. Dr. Irna Sufiawati, drg., Sp.P.M (K)
  7. Kolegium Periodonsia : Aini Hariyani Nasution, drg., Sp.Per (K)
  8. Kolegium Prostodonsia : Dr. Ratna Sari Dewi, drg, Sp.Pros (K).
  9. Kolegium Radiologi Kedokteran Gigi : Dr. Haris Nasution, drg, M.Kes, SpRKG(K).
  10. Kolegium Odontologi Forensik : Nurtami Soedarsono, drg., SpOF(K), PhD.
  11. Kolegium Patologi Mulut & Maksilofasial : Prof. Mei Syafriadi, drg., MDSc., Sp.PMM(K)., Ph.D.

Nama-nama yang diangkat sebagai kolegium tidak selalu merupakan peraih suara terbanyak berdasarkan voting. Ada tiga kolegium yang diangkatnya bukan suara terbanyak, serta ada 2 kolegium yang tidak melalui proses voting karena jumlah calon tidak mencapai target.

[Artikel : Kosterman Usri, Messya Rachmani; Foto : Youtube; Editor : Messya Rachmani]


Posting Komentar untuk "Nama Dokter Gigi yang Diangkat menjadi Kolegium"