PSMKGI Perpanjang Nafas dengan Pengkaderan

Puluhan tahun berdiri secara berkesinambungan, merupakan prestasi tersendiri bagi sebuah organisasi kemahasiswaan ekstra kampus. Itulah Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) yang didirikan di Yogyakarta pada tahun 1989. Ternyata salah satu cara mereka melancarkan estafet kepengurusan adalah dengan pengkaderan melalui kegiatan Manajemen Mahasiswa Nasional (LKMMNas) PSMKGI.

Acara LKMMNas diselenggarakan setiap dua tahun. Di 2024 pelaksanaanya bertempat di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI pada tanggal 25-27 Juli 2024 dengan diikuti peserta dari 31 perguruan tinggi penyelenggara pendidikan kedokteran gigi seluruh Indonesia. Dua orang tokoh nasional memberikan video sambutan untuk kegiatan ini, yaitu Anies Rasyid Baswedan, SE., MPP., Ph.D., mantan gubernur DKI Jakarta, dan Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA., Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif, keduanya mendoakan agar pemimpin-pemimpin terbaik bangsa dapat lahir dari kegiatan ini.

Ketua Pelaksana LKMMNas PSMKGI 2024, Dzawata Afnan dalam sambutannya menekankan harapan agar acara ini dapat menjadi pembekalan moral dan karakter bagi para peserta yang nantinya akan menjadi generasi penerus. Hal senada disampaikan oleh Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI, Ryo Setya Pambudi. Sementara itu Aura Alya Rahma, SKG, Selaku Sekretaris Jenderal PSMKGI memperkenalkan PSMKGI sebagai wadah bagi mahasiswa kedokteran gigi dari seluruh Indonesia.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI Prof. Dr. Bambang S. Trenggono, drg., M. Biomed, menyambut baik kedatangan mahasiswa dari 31 perguruan tinggi berbeda dan mengaku senang bahwa acara ini juga merupakan ajang jumpa kembali mahasiswa kedokteran gigi di seluruh Indonesia pasca COVID melanda. Acara kemudian dibuka dengan parade institusi dan pemukulan gong oleh Prof Bambang.

LKMMNas PSMKGI 2024 yang mengusung tema “Bangkitkan Jiwa Kepemimpinan dalam Diri dengan Sejuta Budaya Indonesia” mengundang sejumlah pembicara istimewa. Di antaranya, Wakil Ketua PB PDGI, drg. Gagah Daru Setiawan, MM, yang membawakan materi analisa dan pengembangan organisasi; Deputi Direksi Bidang Komunikasi BPJS, Rizzky Anugerah, yang membawakan materi mengenai komunikasi; Prof. Dr. drg. Melanie H. Sadono, M. Biomed, Ketua Konsil Kedokteran Indonesia, yang membawakan materi mengenai manajemen forum; dan drg. Ani Ruspitawati, MM, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, yang membawakan materi mengenai kontribusi mahasiswa kedokteran gigi terhadap SDGs 5.0.

LKMMNas PSMKGI 2024 diselenggarakan selama 3 hari dengan agenda pematerian, talkshow bersama perwakilan dari Kementerian Kesehatan, kemudian terdapat acara Satu Jam Lebih Dekat (SJLD) yang merupakan ajang perkenalan calon anggota baru tiap-tiap komisi.  Acara dilengkapi dengan kunjungan ke Taman Mini Indonesia Indah dan ditutup dengan gala dinner dengan penampilan dari tiap-tiap komisi, semua itu dilakukan dalam upaya merekatkan unsur kebudayaan dalam acara LKMMNas.

[Artikel, Foto : Aulia Dewi; Editor : Messya Rachmani]

Posting Komentar untuk "PSMKGI Perpanjang Nafas dengan Pengkaderan "