RSGM Unpad Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Tahunan ARSPTN

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran (RSGM Unpad) menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan ke-5 Asosiasi Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (ARSPTN). Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 19-21 Juli 2024 di Hotel Trans Luxury Bandung yang diikuti sekitar 400 peserta, perwakilan dari rumah sakit perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Penguatan daya saing rumah sakit di era baru pasca pemberlakuan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang kesehatan, dipilih menjadi topik pertemuan tahunan ARSPTN yang ke-5 ini. Ketua ARSPTN Prof. Dr. dr. Nasronudin, Sp.PD, K-PTI, FINASIM, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini ada 39 rumah sakit milik perguruan tinggi negeri yang turut memberikan sumbangsih terhadap pelayanan kesehatan masyarakat luas. Ia berharap agar Kementerian Kesehatan dapat memberikan pembinaan juga terhadap RSPTN sebagaimana yang diberikan kepada rumah sakit vertikal dan rumah sakit milik pemerintah daerah.

Harapan ini disambut baik oleh Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, drg. Yuli Astuti Saripawan, M.Kes. yang hadir dalam kegiatan ini. Lebih lanjut beliau memaparkan perubahan yang akan terjadi pada perumahsakitan pasca pemberlakukan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. RSPTN sebagai bagian dari rumah sakit Indonesia diharapkan dapat menyesuaikan diri agar memiliki daya saing memadai.

Sementara itu Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, ST. mengatakan bahwa kehadiran RSPTN telah dipayungi oleh Permendikbud Nomor 8 Tahun 2021. Kementerian akan memberikan dukungan penuh agar RSPTN dapat menunjang pelaksanaan Tri Dharma di perguruan tinggi masing-masing melalui aktivitas pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan pelayanan.

Pembicara lain yang menyampaikan presentasi adalah Sekretaris Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Dr. Tri Hesty Widyastoeti, Sp.M, MPH. beliau mendorong agar rumah sakit dapat menjadi tangguh, tumbuh, dan berkualitas. Hal senada disampaikan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D yang menegaskan siap memberikan dukungan untuk penguatan daya saing rumah sakit.

Selanjutnya Ketua Panitia Pertemuan Tahunan ke-5 ARSPTN, Prima Andisetyanto, drg., Sp.KGA. menjelaskan bahwa selain kegiatan ilmiah dalam kegiatan ini juga ada Pemecahan Rekor MURI yaitu Interprofessional Education (IPE) dengan Jumlah Peserta Terbanyak, drg. Prima menjelaskan bahwa IPE adalah proses pendidikan yang melibatkan mahasiswa aneka profesi medis maupun kesehatan dalam satu pembelajaran. Selain itu juga ada Pemecahan Rekor MURI menyanyikan lagu Selamat Tinggal HIV diiringi Angklung dengan jumlah peserta terbanyak. 

[Berita, Foto : Instalasi Promkes & Humas RSGM Unpad; Editor : Messya Rachmani]

Posting Komentar untuk "RSGM Unpad Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Tahunan ARSPTN"